Cara Memulai Investasi Aman melalui Reksadana


Semakin banyaknya tingkat persaingan kerja dan bisnis, membuat masyarakat sadar akan pentingnya untuk melakukaninvestasi. Semakin tingginya minat masyarakat untuk melakukan investasi diiringi dengan banyaknya tawaran bisnis pasif income dan perencanaan keuangan di masa mendatang. Sayangnya, banyak orang yang kurang mengetahui bagaimana cara memulai investasi dan sulit menemukan tempat investasi yang aman dan terpercaya. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara memulai Investasi di Reksadana.
 

Tentang Reksadana
Apa itu Reksadana? Reksadana adalah tempat maupun wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari para investor yang kemudian diinvestasikan dalam bentuk Portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Apa itu Portofolio Efek? Portofolio Efek merupakan kumpulan efek yang terdiri dari surat berharga seperti saham, obligasi, deposito dan-lain-lain.
Ada ratusan produk reksadana yang beredar dan mulai berkembang di Indonesia, hal ini dikarenakan keinginan untuk melakukan investasi yang aman juga makin meningkat. Mulailah meluangkan waktu untuk sedikit belajar reksadana demi kenyamanan dan pilihan profil investasi yang tepat untuk anda pilih. Sehingga akan memberikan return yang sesuai dengan yang anda harapkan.

Cara Kerja Reksadana
Secara singkat cara kerja Reksadana dapat dijabarkan sebagai berikut :
Anda (calon investor) menyetorkan sejumlah uang agar dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer investasi mengelola uang anda dan membaginya portofolio efek maupun saham-saham yang baik yang akan dibeli. Apabila harga saham dalam pasar modal telah menaiki peningkatan, keuntungan ada ditangan anda dan sebagai balasannya, Manajer Investasi (MI) mendapatkan sebagian komisi dari aktivitas tersebut.
Tentunya anda saat ini bertanya-tanya apakah aman menitipkan sejumlah uang terhadap seseorang yang bahkan anda belum mengenalnya. Tenang saja, ada standar kualifikasi yang harus dipenuhi seseorang untuk menjadi Manajer Investasi dan hal ini diatur dalam regulasi yang ketat. Sehingga dana anda akan tetap aman.
Manajer Investasi diwajibkan untuk menghitung dan kemudian memberikan laporan terhadap para investor mengenai nilai investasi reksa dana yang terdapat pada bursa setiap harinya. Hal ini dilakukan karena setiap hari nilai investasi pada bursa selalu mengalami perubahan, sehingga investor wajib mengetahui setiap saat berapakah nilai bursa yang mereka miliki dan mengetahui perkembangannya. Karena Manajer Investasi memang diharuskan untuk melakukan penghitungan dan mendapatkan hasil penghitungan secara akurat dan transparan. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan perkembangan nilai investasi yang anda miliki.

Keuntungan dan Kerugian Reksadana
Dalam melakukan bisnis, erat kaitannya dengan hal seperti keuntungan dan resiko. Hal itu pula yang berlaku di Reksadana. Sebagai suatu produk investasi reksadana memiliki keuntungan beserta resiko yang dibawanya. Sebagai calon investor, anda harus cermat memilih jenis investasi apa yang cocok untuk anda dan memahami potensi keuntungan juga resiko yang akan anda dapat sebelum berinvestasi. Dengan mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan reksadana, anda menjadi calon investor yang selektif dalam memilih.

Keuntungan Reksadana :
-Dikelola secara Profesional
-Anda tidak perlu memahami betul tentang Bursa Saham, Obligasi serta Surat Berharga lainnya
-Terdapat beragam pilihan produk investasi
-Meminimalkan resiko melalui diversifikasi
-Informasi mengenai nilai investasi anda bersifat transparan
-Memiliki potensi return yang tinggi

Kerugian Reksadana :
-Resiko penurunan nilai investasi
-Tidak ada jaminan keuntungan
  
Cara membeli Reksadana 
Pada tahap ini, anda telah mengetahui bagaimana cara kerja reksadana dan keuntungan serta kerugian yang akan anda dapatkan. Tentunya anda ingin mengetahui dimana membeli reksadana bukan?

-Melalui Manajer Investasi
Anda dapat langsung membeli reksadana melalui manager investasi, siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan agar siap memulai investasi anda, diantaranya seperti fotokopi KTP dan NPWP (jika ada). Selanjutnya anda akan disuguhi formulir pendaftaran dan memilih jenis investasi yang akan anda pilih di reksadana.

-Melalui Bank
Banyak Bank di Indonesia juga menawarkan beberapa macam produk investasi reksadana, banyak produk reksadana yang bahkan bisa dimulai dengan modal 100rb rupiah saja. Seperti layaknya anda membuka rekening di Bank, para pegawai di Bank tentu akan membantu anda dalam memulai investasi reksadana. Untuk daftar Bank yang menawarkan reksadana, bisa dilihat di Pusat Informasi Reksadana BAPEPAM/OJK.

-Melalui Reksadana Online
Anda dapat membeli produk investasi layaknya membeli pulsa di handphone anda. Adanya peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang penjualan reksadana secara online, menjadikan reksadana terus berkembang hingga saat ini. Mudahnya, anda hanya membutuhkan koneksi internet dan modal investasi dana untuk memulai langkah anda dalam reksadana. Anda dapat membeli berbagai macam pilihan profil investasi di Ipotfund dan Bareksa.
Penting bagi anda untuk mengetahui potensi kerugian dan keuntungan yang anda akan dapatkan sebelum memulai investasi, untuk itu cermatlah dalam mengelola keuangan dan memilih produk investasi. Selamat memulai!


Previous
Next Post »
Thanks for your comment